Bahagia

bahagia,, menurut saya kata itu sangat dinanti oleh semua orang di dunia ini, secara siapa seeh yang ngga mau bahagia.
saya mencoba mendefinisikan kata bahagia secara universal dan yang memang pernah saya alami, bahagia itu ternyata mempunyai tingkatan dan mempunyai makna yang luas serta siapa pun bisa mendefinisikan bahagia.
menurut saya bahagia itu terdiri dari 4 elemen dasar yaitu:

1. bekerja
yaitu Aktivitas yang menjadi sarana bagi manusia untuk menciptakan eksistensi dirinya menjadi lebih berarti dan merupakan aktivitas yang berguna.

2. berdoa
yaitu memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada tuhan semesta alam seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman. Sebaiknya kita berdoa kepada tuhan setiap saat karena akan selalu didengar olehNya.

3. tawakal
ialah menyempurnakan keyakinan kepada Allah. Keyakinan itu takkan terjadi kecuali dengan berbaik sangka kepada Allah, dan mempercayai sepenuhnya terhadap rezeki yang dijanjikan, serta meridhai terhadap ketentuan yang berlaku dari qadha’ dan qadarnya. Jika keyakinan seperti ini sudah sempurna di dalam hati kita, maka inilah yang dinamakan sebagai “tawakkal”.
Selama kita masih mengira-ngira negatif terhadap qadha’ dan qadar Tuhan, berburuk sangka terhadap Tuhan, kecewa terhadap pemberian Tuhan, maka kita tidak termasuk sebagai orang yang “mutawakkilin”.

Tawakal ialah menyempurnakan keyakinan kepada Allah. Kalangan para sufi menganggap, bahwa tawakal adalah “maqam puncak” (anak tangga puncak).

4. bersyukur
Bersyukur itu menerima keadaan seperti apa pun juga dengan penuh kesadaran, ketulusan bahwa hal tersebut untuk bekal diriku di suatu hari nanti.

Untuk bentuk hadiah, pemberian barang dll padaku, aku bersyukur dengan definisi menerima dengan ketulusan dan berterima kasih atas pemberian tersebut.

Untuk bentuk nasihat, pandangan orang lain dll, aku bersyukur dengan definisi menerima masukan dengan ketulusan dan berterima kasih atas kepedulian orang tersebut. Namun ada kalanya harus diimbangi dengan logika untuk mengkategorikan hal tersebut dapat dilakukan atau tidak dalam diri saya.

itulah definisi bahagia menurut saya dan ternyata kita bisa memberikan satu deskriptif bahwa:
BEKERJA,BERDOA,TAWAKAL dan BERSYUKUR = BAHAGIA

Semoga bermanfaat untuk yang membacanya dan terlebih untuk saya yang menulisnya maafkan jika ada kesalahan kata dalam penulisan.
terima kasih

http://

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: