belajar web

Belajar web sebenarnya merupakan proses mempelajari beberapa pengetahuan penting. Secara umum, sebagai dasar untuk belajar web, kamu akan memerlukan paling tidak 3 hal. Apa saja itu?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar HTML. HTML merupakan basis awal buat kamu untuk membuat tampilan web yang nantinya akan muncul di browser. Kalau kamu sudah puas dengan web site yang sifatnya statis, maka proses belajar web kamu bisa berhenti sampai di sini.

Namun demikian, pada umumnya, kamu akan memerlukan versi interaktif dari web yang kamu buat. Untuk itu, proses selanjutnya dalam belajar web adalah menambahkan elemen dinamis atau interaktif pada web site yang sudah kamu buat. Untuk itu kamu akan perlu belajar PHP, karena PHP merupakan bahasa pemrograman web yang bisa menggunakan logika. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh HTML.

Apa sudah cukup? Sayangnya belum.

Sebuah web site yang dinamis umumnya akan memerlukan media penyimpanan data. Sebagai contoh, kamu akan memerlukan tempat penyimpanan data-data orang yang yang mengisi komentar di buku tamu atau blog kamu. Walaupun PHP bisa menyimpannya dalam bentuk teks file, namun pada umumnya kita akan lebih mudah jika menggunakan apa yang disebut dengan database.

Nah, dengan demikian, proses belajar web yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah belajar database. Dan database yang merupakan pasangan abadi dari PHP adalah MySQL. Jadi jangan lupa untuk belajar MySQL juga ya.

Jadi urut-urutan buat kamu yang ingin belajar web adalah :

1. Belajar HTML
2. Belajar PHP
3. Belajar MySQL

Tentu saja kamu akan memerlukan ilmu-ilmu tambahan lagi nantinya, seperti CSS, Javascript AJAX, dana juga teori desain seperti tata letak, warna dan yang tidak kalah penting adalah mempelajari alat bantu desain web seperti Dreamweaver, Front page dan versi gratisnya seperti KompoZer atau NVU. Software-softaware tersebut sangat membantu kita dalam mendesain web terutama sebagai alat untuk menggantikan penulisan kode HTML secara manual.

Jika kamu akan memerlukan desain sistem web untuk support sistem dalam perusahaan, maka kamu juga harus mempelajari bagaimana melakukan analisa terhadap permintaan user, membuat Data Flow Diagram (DFD), Membuat Entity Relationship Diagram (ERD), melakukan normalisasi dalam desain database, dan pengelolaan project.

Banyak ya? Jangan khawatir, itu kan kalau benar-benar mau mengerjakan proyek gede secara profesional. Ingat, sebagai permulaan, untuk membuat web site sendiri, sebenarnya kamu cuman butuh belajar HTML, PHP dan MySQL. Dan ketiganya bisa kamu pelajari di prothelon.com ini secara gratis. SIlahkan klik link-link di atas untuk mempelajari masing-masing materi. Mudah dipelajari kok, yang penting tekun dan jangan mudah putus asa ya.

Mudah-mudahan bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: