persiapan Hosting

Membuat website itu gampang kok. Hanya saja kadang kita belum tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat web kita bisa nongol di Internet. Tulisan kali ini saya tujukan bagi teman-teman yang pengen belajar cara membuat website tapi masih blank dan belum tahu pertama-tama harus ngapain untuk menampilkan website yang dibuat ke hosting di internet.
Buat teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkah/cara membuat website secara global, saran saya terlebih dahulu lihat tulisan tentang panduan cara membuat website ini.
Silahkan lanjutkan.

Apa yang kamu perlukan untuk memulai membuat sebuah website?
Pada dasarnya kamu hanya memerlukan 2 hal untuk membuat website:

1) Sebuah nama domain (prothelon.com, situskamu.com, dll)
2) Web hosting

Secara umum, buat kita-kita ini ada 2 pilihan untuk membuat website kita bisa tampil di internet. Yang pertama adalah menggunakan hosting gratisan dan berbayar.
Kalau kamu pernah bikin blog pake blogspot atau wordpress, maka kamu sudah menggunakan hosting gratisan. Tentu saja ada hosting gratisan lain yang menyediakan fleksibilitas lebih tinggi dalam mengatur website yang ingin kita tampilkan.

Namun demikian, tulisan saya kali ini saya fokuskan pada cara menggunakan hosting berbayar untuk membuat web kita tampil di internet sesuai saran untuk memilih web hosting berbayar.

Ok, ini langkah-langkah praktisnya:
3) Pertama-tama kamu harus memilih web hosting yang baik.
4) Tentukan nama domain yang kamu inginkan, paling baik jika menggunakan ekstension com. Umumnya pada web hosting provider sudah menyediakan layanan untuk registrasi nama domain juga. Proses pemilihan nama domain ini bisa sangat menyulitkan, karena biasanya nama domain yang bagus sudah disewa oleh orang lain. Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain kalau terlanjur sudah diambil orang:
a) Coba cari alternatif nama domain dengan 2-3 kata.
b) Gunakan variasi kata-kata disambung langsung atau dipisahkan dengan tanda -. Misalnya situssaya.com atau situs-saya.com.
5) Berikutnya memilih paket hosting yang pas untuk website kita. Untuk tahap awal pilih paket yang paling kecil saja. Jangan khawatir, kita bisa upgrade ke paket yang lebih besar seiring dengan perkembangan trafik di website kita.
6) Langkah berikutnya memilih lokasi server. Umumnya kita diberi pilihan untuk memilih lokasi server di USA, Singapore atau Indonesia. Tentukan pilihan berdasarkan target visitor yang kamu tuju.
7) Setelah beres, kita harus melakukan pembayaran. Pembayaran biasanya dilakukan via transfer bank.
8) Setelah bayar, maka kita tinggal menunggu 2-3 hari agar nama domain kita menyebar di Internet.

Sampai di sini, proses sewa nama domain dan web hosting sudah selesai. Kita akan melanjutkan tulisan mengenai membuat website ini dengan mempelajari cpanel dan proses upload web site kita di tulisan berikutnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: