sejarah Komputer (bag 4)

Sejarah Komputer elektronik pertama dimulai oleh ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC adalah komputer digital serbaguna yang dibuat pada tahun 1946 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. ENIAC memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa (yang digunakan sebagai pengganti switch mekanis pada mark I) dan 1000 kali lebih cepat dibanding Mark I. Dalam 20 detik, ENIAC dapat melakukan perhitungan matematis yang sebenarnya memerlukan waktu penyelesaian 40 jam jika dilakukan secara manual oleh kita. ENIAC dibuat saat Perang Dunia II dan tugas pertamanya adalah menghitung kelayakan sebuah desain bom Hidrogen. ENIAC adalah komputer sepanjang 100 kaki dengan ketinggian 100 kaki.

Sejarah Komputer Modern lainnya

Dalam sejarahnya, sebuah komputer modern diawali dengan pengembangan penulisan kode biner yang dilakukan oleh John von Neumann. Dialah yang memulai praktek penyimpanan data dan instruksi dalam kode biner dan mengawali menggunaan memori untuk menyimpan data dan program. Sebuah komputer yang bernama EDVAC (Electronic Dicrete Variable Computer) dibuat menggunakan kode biner pada tahun 1950. Sebelum EDVAC, komputer seeprti ENIAC hanya dapat melakukan satu tugas dan kemudian harus diubah susunan kabelnya untuk melakukan tugas atau program yang lain. Konsep penyimpanan beberapa program pada kartu lubang EDVAC sebagai pengganti proses perubahan perkabelan mengarah pada komputer yang kita kenal saat ini.

Perlu diingat bahwa meskipun komputer modern saat ini jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan EDVAC pada masanya, namun komputer tersebut tidak mungkin ada tanpa pengetahuan dan kerja keras dari banyak penemu dan pionir. Jadi jangan sampai melupakan sejarah ya J.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: