KATA SIAPA LINUX ITU SULIT

Perkembangan IT di Indonesia sangat pesat sekali. Itu semua terlihat dari penjualan perangkat IT yang membludak. Ini semua saya rasakan saat mengunjungi pusat-pusat toko komputer dan melihat toko tersebut ramai disatroni para pelanggannya. Salah satu yang sangat difavoritkan saat ini adalah penggunaan laptop, notebook, netbook, tablet dan bahkan personal komputer pun masih banyak penggemarnya.

Dalam pemakaian perangkat yang saya sebutkan diatas pasti memerlukan sebuah sistem operasi. Banyak sistem operasi yang ditawarkan untuk mengoperasikannya. Contoh operasi sistem Microsoft yang mengeluarkan windows XP, windows vista, windows 7 dan baru-baru ini mereka merilis windows 8.

Dalam realita yang ada terkadang saya sangat sedih sekali ketika mengunjungi sebuah toko komputer dan mendengar percakapan antara pembeli dan penjual tentang penginstalan sistem operasi windows yang palsu. Masyarakat kita seperti terdidik menjadi pencuri sebuah kretifitas orang lain padahal ada sistem operasi yang free. Artinya bebas dalam memakainya. Tidak membutuhkan lisensi berbayar untuk kita memakainya seperti Ubuntu, centOS, openSUSE dan lain-lain. Itu semua adalah contoh distro-distro dari linux.

Disini saya ingin menghimbau kepada masyarakat semua untuk memakai system operasi linux dengan distro-distro yang bervariasi. Untuk laptop, saya menggunakan distro Ubuntu 12.04 LTS. Sistem operasi tersebut berbasis GUI ( Grafic User Interface ) dan banyak aplikasi-aplikasi bawaan yang bisa langsung dipakai untuk berbagai keperluan. Contohnya adalah library office yang sama fungsinya dengan Microsoft office. Jadi jangan pernah beranggapan bahwa memakai linux itu sulit. Para pengembang linux sudah menyesuaikan dengan kebutuhan para pemakai jadi linux itu dapat digunakan dengan mudah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: