Proposal Penulisan Ilmiah

Depok, 07 Januari 2012

Hal    : Pengajuan Proposal Penulisan Ilmiah

Kepada

Betty Yudha S., Skom., MMSI.

Pembimbing Penulisan Ilmiah

Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini saya :

Nama                             : Dhaniel Ersanda Putra

NPM                    : 10108565

Fakultas / Jurusan         : Ilmu Komputer / Sistem Informasi

Kelas                    : 3 KA 08

Bermaksud mengajukan proposal penulisan ilmiah.

Saya menyatakan bersedia dan sanggup menyelesaikan penulisan saya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas Gunadarma apabila proposal penulisan ilmiah saya disetujui.

Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini juga saya lampirkan proposal penulisan saya yang berjudul Membangun Jaringan VoIP Berbasis Linux Ubuntu Server pada Lingkungan Kelurahan Pekayon”. Demikian surat pengajuan proposal  ini  saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaan Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

( Dhaniel Ersanda )

 

 

 

Proposal Penulisan Ilmiah

 

“Membangun Jaringan VoIP Berbasis Linux Ubuntu Server pada Lingkungan Kelurahan Pekayon”

 

Dhaniel Ersanda Putra (10108565)

d.ersanda@yahoo.com

 


Latar Belakang

 

Teknologi dunia telekomunikasi pada saat ini berkembang dengan sangat pesat dan inovatif, sehingga membawa perubahan yang signifikan dalam sistem aplikasinya. Salah satu dari teknologi telekomunikasi yang terus berkembang dewasa ini yaitu VoIP. VoIP (Voice Over Internal Protocol) merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara dalam jarak yang cukup jauh melalui media internet atau dalam suatu sistem jaringan. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data.

VoIP sangat memungkinkan terus berkembang dan dapat diaplikasikan dalam masyarakat mengingat pada saat ini internet telah berkembang luas di masyarakat, sehingga untuk mengaplikasikannya tidaklah terlalu sulit. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung dalam suatu jaringan internet, mempunyai kartu suara microphone.  Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP antara satu dengan yang lainnya.

Pentingnya VoIP di lingkungan Pekayon yaitu dapat memudahkan komukasi antara masyarakat maupun para RT dan RW untuk saling share info maupun lokasi dimana mereka berada dalam area Pekayon.

Kualitas layanan dari protokol persinyalan tersebut sangat menentukan kualitas komunikasi antar pengguna VoIP. Semakin baik kinerja protokol persinyalan VoIP maka akan sejalan dengan baik pula kualitas komunikasi antar pengguna layanan komunikasi VoIP. Kualitas layanan pada protokol persinyalan ini harus mampu dipertahankan pada kondisi terbaik dan meminimalisasi gangguan-gangguan teknis guna menjaga komunikasi tetap berjalan dengan baik dan mampu memberikan kepuasan dan kenyamanan pada para penggunanya.

Perkembangan teknologi internet juga tidak lepas dari aplikasi web yang sejak kemunculannya sangat membantu dalam kemudahan serta kecepatan pengiriman, penyampaian dan penerimaan informasi. Aplikasi web dengan segala kelebihan sangat cocok untuk melakukan otomatisasi registrasi terhadap server VoIP karena pengguna bebas untuk melakukan registrasi dimana dan kapan saja.

Rumusan dan Batasan masalah

          Berdasarkan judul penulisan yang akan dibuat, maka permasalahan yang muncul adalah:

  • Bagaimana merancang server jaringan VoIP berbasis Open Source.
  • Bagaimana melakukan implementasi server jaringan voip berbasis open source dengan software asterisk.
  • Bagaimana menguji server jaringan VoIP berbasis Open Source.
  • Bagaimana merancang website registrasi user untuk Kelurahan Pekayon.

 

Tujuan

 

  • Membangun server asterisk untuk menyambungkan klien-klien yang berada pada jaringan VoIP agar bisa saling berkomunikasi.
  • Membuat website registrasi klien untuk VoIP Kelurahan Pekayon.

 

Tinjauan Pustaka

VoIP (Voice Over Internet Protokol) yang disebut juga internet Telephony  merupakan teknologi yang menawarkan solusi telepon melalui jaringan paket (IPNetwork). Diprediksi teknologi tersebut akan terus berkembang karena kualitas media transmisi semakin baik (kabel UTP, coaxial, dan fiber optic), selain itu semakin berkembangnya teknologi kompresi data yang semakin berkembang yang mendukung teknologi VoIP tersebut.

Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan diubah.

Dari wacana yang telah disebutkan dapat diprediksikan bahwa telepon berbasis VoIP akan menjadi telepon masadepan yang akan sukses berkembang dan akan diproduksikan secara masal dan tentunya akan sangat berguna sekali untuk masyarakat luas. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang Ethernet  dan IPaddress, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral asterisk.

Salah satu aplikasi yang dapat diterapkan pada teknologi VoIP adalah Asterisk atau pada teknologi PSTN (Public Swiching Telephone Network) masyarakat umum mengenalnya dengan nama PABX (Private Automatic Branch Exchange).

Pada aplikasinya Asterisk digunakan untuk menyambungkan pengguna layanan VoIP yang ada di dalam atau di luar jaringan lokal Asterisk dengan klien yang berada pada jaringan lokal Asterisk.

Pada saat pengguna layanan VoIP yang ada diluar jaringan lokal Asterisk ingin menghubungi klien yang ada di jaringan lokal Asterisk kemudian Asterisk secara otomatis akan memerintahkan pengguna yang ada di luar jaringan lokal Asterisk untuk memasukan nomor ekstensi klien yang ada di jaringan lokal Asterisk tersebut, jika klien yang berada di jaringan lokal asterisk pada berstatus aktif maka secara otomatis Asterisk tersebut akan menghubungkan pengguna layanan. VoIP di luar jaringan lokal Asterisk dengan kliennya tersebut.

Asterisk dapat juga digunakan untuk menyambungkan jaringan telepon VoIP dengan jaringan PSTN menggunakan interface card yang memiliki port FXO (foreign Exchang Office), namun pada laporan proyek tugas akhir ini penulis tidak membahasnya.

Dalam membuat website kita harus merencanakan dahulu apa tujuan dari pembuatan website ini. Informasi-informasi apa yang akan diberikan dan kepada siapa informasi-informasi tersebut dituju. Macromedia dreamweaver adalah salah satu program pembuat website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk mendesain website yang lebih kreatif. Anda dapat membuat website yang komplit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, anda harus mendesain dan merancangkan website anda lebih dulu untuk tiap-tiap halaman site yang ada. Ketika memulai merancangkan membuat website, anda diharapkan melakukan secara bertahap dan terencana untuk memastikan situs anda baik dan berhasil walaupun anda hanya akan membuat homepage pribadi yang hanya akan dilihat dan dikunjungi oleh teman dan keluarga anda. Bagi anda seorang spengurus kelurahan situs pribadi anda bisa digunakan untuk memberikan informasi dan layanan  online untuk masyarakat anda.

Metode Penelitian

Dalam penyusunan penulisan  ini, penulis melakukan penelitian dengan metode eksperimen dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Metode pertama yang digunakan penulis yaitu perencanaan. Penulis merencanakan pembuatan server jaringan VoIP berbasis open source dan otomatisasi registrasi pengguna berbasis web, bertujuan agar pengguna dapat menerima layanan VoIP.
  2. Metode analisa, penulis mengumpulkan informasi apa saja yang di perlukan dalam membangun server jaringan VoIP dan membuat Website otomatisasi registrasi dengan cara mempelajari buku-buku serta literatur-literatur yang berhubungan dengan pembahasan dalam penulisan ini.
  3. Perancangan server jaringan VoIP dengan menggunakan software Asterisk dan Linux Debian serta perancangan website otomatisasi registrasi dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan text Editor Adobe Dreamweaver CS5.
  4. Testing dan Implementasi server jaringan VoIP dan Website aplikasi –otomatisasi registrasi pengguna melalui LAN (Local Area Network)

Rencana dan Jadwal Kerja

 

Sistematika penulisan

          Untuk sistematika dalam penulisan ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian. Penulisan akan dibahas secara bab demi bab, dan antara satu bab dengan lainnya saling terkait sehingga berfokus pada tujuan penulisan ini

BAB I PEBDAHULUAN

            Berisi latar belakang, batasan masalah, tujuan serta metode penelitian dan sistematika penulisan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

            Menjelaskan secara detail tentang keperluan yang dibutuhkan dalam merangkai VoIP berbasis Linux server.

BAB III PEMBAHASAN

            Pada bab ini menyajikan cara konfigurasi VoIP pada server Linux Ubuntu serta implementasinya.

BAB IV PENUTUP

            Berisi kesimpulan dan saran


 

 

Daftar Pustaka

[1] Tharom, Tabratas, Purbo w. Onno, Teknologi VoIP, Elex Media Komputindo, Gramedia, Jakarta, 2001.

[2] Collins, Daniel, Carrier grade Voice Over IP, Mc Graw Hill, 2001.

[3] Purbo.W. Onno, VoIP Merdeka, Neotek, 2003.

[4] Sugeng, Winarno, Membangun Telepon berbasis VoIP; Studi Kasus: Implementasi Pada Jaringan RT/RWnet, Bandung: Penerbit Informatika, 2007

[5] Sugeng, Winarno. Membangun Telepon Berbasis VoIP, 2008.

[6] Mathew, John, AsteriskOnUbuntu/Curren, https://wiki.ubuntu.com/AsteriskOnUbuntu/Current, 20 Juni 2010.

[7] http://id.wikipedia.org/wiki/Voip, Voice over IP, 2012.

 
 
 


 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: