Keuntungan dan kerugian pemakaian sofrware open source

           Software open source itu banyak yangbersifat free (bebas). Banyak orang beranggapan free dalam open source itu gratis tapi setelah saya baca dari beberapa artikel, arti free disini adalah bebas karena dalam persebarannya itu dilakukan bebas tanpa harus adanya pembelian lisensi pada pembuat software. Kenapa pula saya juga bisa beranggapan setelah membaca beberapa artikel artinya bukan gratis?? Maksudnya, ketika penyebaran itu pastinya membuatuhkan biaya donk. Semisalkan kita ingin mendownloadnya dari sebuah web, dipastikan kita harus membutuhkan biaya internet, listrik, dan kadangpun harus membeli kopi untuk menghilangkan suntuk jikalau software tersebut besar kapasitasnya dan bandwith untuk download kita kecil hehehehe.
         Apa sih artinya open source?? Yaps, benar artinya sumber terbuka. Lalu software open source itu apa? Maksudnya software yang berbasis open source itu yaitu software yang source codenya bisa kita lihat dan modifikasi. Jika kita ahli dalam bahasa pemrograman kita bisa ikut andil dalam pengembangan software tersebut tapi dengan syarat kita harus mencantumkan pula nama pembuat softwarenya jika kita sukses dalam mengembangkan software tersebut dan ingin dipublikasikan ke pasaran.
         Mengurangi pembajakan khususnya di Negara kita. Kalo membahas masalah ini pasti hubungannya dengan realita dinegara kita. Bukan hal yang tabu lagi bahwa banyak sekali software yang mempunyai lisensi dibajak dan dijual bebas dinegara kita. Dengan adanya software berbasis open source dengan fungsi yang mirip software license, pasti bisa mengurangi pembajakan di Negara ini.
         Kerugian dalam pemakaian software open source biasanya untuk orang awam(biasa memakai software lisensi) kurang user friendly. Biasanya software open source kalah dalam fasilitas dengan software berbayar . Dan karena alasan keduanya itulah kadang para orang awam kurang minat pada software yang berbasis open source. 
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: